Pages

Counters

visitor statistics

Time Keeper

My Cbox !

Followers


Glitter Words

Selasa, 18 Desember 2012

Prinsip Manajemen Waktu


Manajemen Waktu ?
Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur (Wikipedia.org). Manajemen waktu merupakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan produktivitas waktu.

Penting ?
Manajemen waktu membuat hidup kita lebih efektif dan efisien, efektif karena kita mempunyai sasaran yang jelas dalam melangkah karena tujuan telah kita buat sebelumnya. Efisien karena akan banyak hal yang bisa kita lakukan jika kita mengatur dengan baik, akhirnya, keuntungannya akan kembali ke kita. Kita lebih banyak memiliki waktu kosong untuk beristirahat jika tujuan-tujuan kita terselesaikan, atau waktu kosong itu kita manfaatkan untuk hal yang lain.

Prinsipnya ?

1. Jadilah aktif, bukan hanya reaktif. Akan lebih mudah untuk menjadi aktif jika Anda juga mengikuti prinsip ke 2, yaitu, menetapkan tujuan.

2. Set gol (menetapkan tujuan).
3. Prioritaskan tindakan.
4. Jaga fokus Anda.
5. Buat tenggat waktu yang realistis.
6. Setelah Anda memutuskan rencana dan terfokus, lakukan sekarang! Dengan cara:

- Membagi dan mengerjakan apa yang harus Anda lakukan. Pecahkan tugas besar menjadi tugas-   tugas kecil dan berikan setiap bagian dari tugas tenggat waktu yang realistis.

- Mengatur sumber daya Anda, bagaimana Anda akan melakukannya.
- Abaikan interupsi yang mengganggu.
- Luangkan waktu untuk belajar bagaimana melakukan sesuatu sendiri.
- Sekarang, bukan besok. Jangan menunda-nunda.
- Peluang yang mengetuk. Memanfaatkan peluang.
- Waspada terhadap pemborosan waktu. Lacak dan kendalikan, berapa banyak waktu yang Anda habiskan di Internet, membaca dan mengirim e-mail, menonton TV, atau berbicara di telepon.
7. Seimbangkan Hidup Anda. Terlalu banyak istirahat atau terlalu banyak bekerja akan menimbulkan dampak negatif dalam jangka panjang.


Jadi ?
Ayo sama-sama mulai merubah pola hidup :D dari hal simple ajah dulu (atur waktu kita) ;) hidup hanya sekali jadi jangan disia-siakan ! inget-inget itu :P cobalah jadi orang yang berguna yang selalu memaksimalkan waktu yang Tuhan beri,  supaya penciptaan kita di dunia ini ada manfaatnya :')

separador

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
My Unknown Future is in the Hands of the All-Knowing God

About this blog

Blog ini berisi tentang tips-tips dan sepatah dua patah kata tentang bagaimana kita me"manage" waktu kita dengan baik :)

Universitas Padjadjaran

FIK

Dekan FIK

Dekan FIK
H. Mamat Lukman, S.KM., S.Kp., M.Si

Dosen PD FIK

Dosen PD FIK
Nur Oktavia Hidayati